Majalah Jogja
Beranda
Warning: Undefined array key 0 in /www/wwwroot/majalahjogja.com/wp-content/themes/raylight-redesign-master/inc/single-tags.php on line 294

Warning: Attempt to read property "cat_ID" on null in /www/wwwroot/majalahjogja.com/wp-content/themes/raylight-redesign-master/inc/single-tags.php on line 294
Harga minyak dunia turun, negara hemat subsidi elpiji Rp 40 T

Harga minyak dunia turun, negara hemat subsidi elpiji Rp 40 T

JAKARTA – MAJALAH GLOBAL : Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan subsidi LPG (liquid petroleum gas) akan turun pada 2015 mendatang. Pemangkasan subsidi LPG ini didasari oleh harga minyak dunia yang menurun drastis. Pasalnya, gas elpiji berasal dari hasil pengolahan minyak bumi.
Dalam enam bulan terakhir, harga minyak dunia turun hingga lebih dari 50 persen. “Ya itu terkurang sendiri. Otomatis, anggaran subsidinya menurun,” kata JK usai memberikan pidato dalam acara Tempo Economic Briefing 2014 di Hotel Shangri-la, Jakarta, Rabu (10/12).
Nilai subsidi LPG yang diajukan pemerintah dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2015 sebesar Rp 55,1 triliun. Dengan adanya penurunan harga gas dunia, JK memproyeksi nilai subsidi akan terpangkas hingga Rp 40 triliun, menjadi hanya sekitar Rp 10-15 triliun. Namun, JK menegaskan, dari sisi harga elpiji bersubsidi tidak akan mengalami perubahan di masyarakat.
    
“Tidak (harga tidak berubah), sebelumnya harga terlalu rendah, jadi subsidinya terlalu tinggi. Bisa Rp 40 triliun, sekarang Rp 10-15 triliun saja,” tutup JK.

Sebelumnya, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto (SBS) memperkirakan turunnya harga minyak dunia bakal terus terjadi dalam dua tahun ke depan. Pasalnya, penurunan harga yang kini terjadi lantaran kelebihan pasokan minyak di pasar.
    

Hal itu diungkapkan SBS dalam sambutannya pada Rapimnas (Rapat Pimpinan Nasional) di Pullman Hotel, Jakarta Barat.
    

“Penyebab penurunan harga adalah karena terjadinya oversupply minyak di pasar, karena negara-negara produsen minyak yang tergabung dalam OPEC tidak bersedia mengurangi produksi maka diramalkan penurunan harga masih akan berlangsung sampai dua tahun ke depan,” ujar SBS. (Indigo)

Berita Majalah Global Edisi 039, Desember 2014 :

Menteri Susi Tenggelamkan Kapal Vietnam
Walikota Mojokerto Sidak Kampung Bahasa
Pelantikan Pejabat Eselon II dan III Pemerintah Kabupaten Mojokerto
Pemkab Gresik Launching Kabupaten Sehat
Munas Tandingan Golkar Siap Membelot Untuk Dukung Jokowi-JK
Rp10 Miliar untuk Perbaikan Objek Wisata Di Bojonegoro
Pertamax atau Premium, Mana Yang Lebih Hemat ?
Harga minyak dunia turun, negara hemat subsidi elpiji Rp 40 T
Partai Golkar tak gentar SBY mulai merapat ke Jokowi
Ical Ancam Bekukan DPD Tingkat I dan II
Menteri Kelautan zaman SBY klaim penggagas penenggelaman kapal

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan