Majalah Jogja
Beranda Karang Werda “RIAS”, Wakili Kota Mojokerto Tingkat Jatim

Karang Werda “RIAS”, Wakili Kota Mojokerto Tingkat Jatim

MOJOKERTO – MG : Karang werda “Rukun Iku Agawe Santoso” (RIAS) Kelurahan Gedongan mewakili Kota Mojokerto untuk mengikuti lomba karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur 2016. Karang werda “Rias” dalam penilaian administrasi dari 38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur sudah terpilih menjadi lima besar tingkat Jatim. Senin (11/4) tim dari provinsi Jatim turun langsung untuk melakukan penilaian lapangan.
    
Diterima Walikota Mas’ud Yunus, Ketua Tim Penggerak PKK Siti Amsah Mas’ud Yunus, Kepala Dinas Sosial Sri Mudjiwati, Camat dan Lurah menyambut kedatangan tim penilai di ruang Nusantara Pemkot Mojokerto. Tim Penilai dipimpin langsung oleh Indra Istiyanto, Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Kesehatan, Kemenag, Gerontologi Abiyoso dan Biro Kesra Provinsi Jawa Timur.
    
Indra mengatakan dalam sambutan kedatangannya bahwa pada penilaian lapangan ini akan dilihat sebagaimana ketentuan dan norma penilaian yang ada. “Kita menyadari bahwa keberadaan karang werda ini sangat penting bagi para lansia. Karena saat ini rata-rata jumlah lansia semakin banyak,” tuturnya.
    
Dalam pengamatan Indra, lansia di Kota Mojokerto umurnya panjang-panjang. “Ini merupakan gambaran hasil program kesejahteraan yang diberikan oleh Bapak Walikota Mas’ud Yunus. Ada beberapa hal yang sangat bagus seperti sudah terdapat panti werda sebagai tempat penampungan para lansia,” urainya.
    
Usia harapan hidup di Kota Mojokerto saat ini sudah mencapai usia rata-rata 72,82 tahun. Ini merupakan usia harapan hidup tertinggi di tingkat Jawa Timur. oleh karena itu, derajat hidup warga Kota Mojokerto sangat bagus sehingga warga usia lansia di Kota Mojokerto semakin hari semakin meningkat.
    
Hal ini karena Pemerintah Kota Mojokerto terus mendukung upaya-upaya peningkatan derajat hidup kesehatan masyarakat terutama pada usia lansia melalui fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh lansia. Seperti dukungan Pemerintah melalui Dinas Sosial pada karang werda di beberapa wilayah di Kota Mojokerto. Termasuk pada Maret lalu telah diresmikan Panti Sosial Tresna Werda Tribuana Tungga Dewi sebagai tempat penampungan para lansia.
    
Pelayanan khusus lansia di Puskesmas Wates juga sudah tersedia secara gratis. Adanya rencana pembangunan trotoar dan fasilitas umum di beberapa titik terutama di jalan Gajahmada – Pahlawan (Gamapala) juga terus diupayakan sebagai bentuk fasilitas melalui peningkatan sarana prasarana.
    
Disinggung tentang harapan Panti Werda “Rias” Kelurahan Gedongan meraih juara di tingkat Provinsi, Walikota Mojokerto menerangkan bahwa semuanya diserahkan pada tim penilai provinsi. “Kita doakan mudah-mudahan Kota Mojokerto mendapatkan yang terbaik,” jelas Walikota. (Jay/Adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan