Majalah Jogja
Beranda Bandara Blimbingsari Rampung Diklaim Hemat Tanpa AC

Bandara Blimbingsari Rampung Diklaim Hemat Tanpa AC

BANYUWANGI – MG : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, menggelar lomba foto berbasis media sosial dengan objek Bandara Blimbingsari, yang dikenal dengan konsep bangunan hijaunya. Kabag Humas Pemkab Banyuwangi Juang Pribadi mengatakan, lomba foto ini digelar untuk menyambut hampir rampungnya pembangunan terminal baru berkonsep hijau pertama di Indonesia di Bandara Blimbingsari.
    
“Terminal baru itu tanpa AC dan mempunyai arsitektur unik berkarakter lokal, yaitu mengakomodasi budaya Suku Using (masyarakat asli Banyuwangi). Ini adalah terminal bandara berkonsep hijau pertama di Indonesia. Meski tanpa AC tetap sejuk karena pengaturan sirkulasi udara dan air sedemikian rupa. Terminal baru yang akan diresmikan awal 2017 ini akan menjadi ikon anyar pariwisata Banyuwangi,” ujarnya, Kamis (3/11).
    
Juang mengatakan, peserta bisa mengambil gambar terminal baru yang kini hampir rampung pembangunannya, atau aktivitas lainnya di bandara, atau landscape persawahan hijau yang mengelilingi bandara.
    
“Panitia ingin terutama ada foto yang menunjukkan bagaimana landscape hijau di sekitar bandara berpadu dengan terminal bandara yang juga berkonsep hijau,” ujarnya.
    
Hal tersebut ditekankan, kata Juang, untuk memberi kesan beda dengan bandara-bandara lain di Indonesia. Di sekitar Bandara Banyuwangi, memang dilarang dibangun bangunan-bangunan karena kini difokuskan untuk kawasan persawahan.
    
“Bupati Abdullah Azwar Anas sudah menetapkan kawasan bandara memang tak boleh untuk bangunan-bangunan tinggi, sudah ditetapkan di RTRW. Ini untuk menunjang pariwisata, jadi penumpang turun dari pesawat langsung lihat landscape hijau. Ini posisi yang diambil Banyuwangi, karena kami bukan kota-kota lain yang bandaranya sudah dipenuhi pergudangan di sekitarnya,” kata Juang.
    
Ia menjelaskan bahwa foto dari peserta harus diunggah di Instagram, kemudian dishare ke akun media sosial lain. Hadiah yang disiapkan adalah Rp12 juta dan akan diundang dalam pembukaan terminal hijau tersebut yang waktunya masih dijadwalkan. “Ketentuan lain bisa dilihat di media sosial resmi dan website Pemkab Banyuwangi,” kata Juang. (Agung)

Berita Majalah Global Edisi 062, Nopember 2016 :

Media Asing Sorot Aksi 4 November

Jalan Rusak Umbulan Disiapkan Anggaran Rp 2 M
DPRD Surabaya Kejar Tayang APBD Rp 8 Triliun
Bupati Mojokerto: Kades Harus Cakap Kelola Pemerintahan Desa
Walikota Mojokerto: Pola Hidup Sehat Bikin Keluarga Sejahtera
Perda 18 Tahun 2016 Dijadikaan Pedoman Penyusunan dan Pembahasan RAPBD Tahun 2017
Dispenda Katrol Kenaikan Pajak Sektor Pariwisata Hingga 5 M Lebih
Kapolda Jatim Resmikan e-Tilang dan Gedung Polres

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan