Majalah Jogja
Beranda Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Hari Anti Narkoba Internasional Dan Hari Koperasi Nasional

Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Hari Anti Narkoba Internasional Dan Hari Koperasi Nasional

 TRENGGALEK – majalahglobal.com : Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional yang jatuh setiap tanggal  26 Juni 2017 dan Hari Koperasi Nasional ke 70 diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan menggelar upacara pengibaran bendera di Alun-alun Trenggalek, Kamis (13/7).  Upacara  tersebut dihadiri oleh Bupati Trenggalek H.Moch Nur Arifin selaku pembina upacara dan para pejabat di lingkup Pemkab Trenggalek, Forkopimda.
Sebelum gelaran upacara dimulai, ditampilkan atraksi Pasukan Baris Berbaris (PBB) Kreasi anti narkoba oleh para siswa-siswi dari MTsN Trenggalek.  Berbagai tarian kreatifitas mereka tunjukkan  di hadapan para tamu undangan sebagai simbol ajang kreatifitas siswa sekolah seperti semboyan ” Prestasi YES, Narkoba No”. 
Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pihak sekolah dalam mendukung gerakan anti narkoba diantaranya ialah melalui sosialisasi, pemasangan papan himbauan serta kampanye stop narkoba lainnya.   
Hal tersebut dilaksanakan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dari bahaya dan pengaruh narkoba dalam rangka mendukung program dari BNN yaitu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dimasukkan  melalui kurikulum pembelajaran disekolah, baik intra kurikuler maupun ekstra kurikuler.
Pada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2017 kali ini diambil tema yaitu peran aktif dan pendayagunaan seluruh komponen dan potensi bangsa dalam menghadapi keadaan darurat narkoba menuju Indonesia yang sehat. Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya yang disampaikan melalui Wakil Bupati Trenggalek mengajak semua masyarakat untuk menyatakan perang terhadap narkoba, baik itu langkah preventif maupun rehabilitasi. 
Hari Hari Anti Narkoba Internasional kali ini hendaknya dapat dijadikan momentum untuk melakukan aksi bersama membebaskan bangsa ini dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika.
Sementara itu dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional ke 70 tema yang diambil kali ini adalah “Koperasi Kuat Menjamin Pemerataan Ekonomi Mewujudkan Keadilan Sosial”.  
Di Kabupaten Trenggalek, koperasi berperan aktif di sektor perdagangan, hal itu terbukti dengan telah diluncurkannya toko modern gotong royong di Desa Ngetal Kecamatan Pogalan.  Perwujudan koperasi sebagai soko guru kini bukan hanya isapan jempol belaka, dengan adanya toko modern gotong royong tersebut maka masyarakat sekitar yang menjadi anggota koperasi bisa ikut memiliki toko modern.  
Kedepan diharapkan dengan kepemilikan toko modern dibawah naungan koperasi ini akan membawa manfaat ataupun keuntungan yang tidak hanya dinikmati oleh satu pemodal besar saja namun juga melindungi keberadaan pasar tradisional dan pedagang kecil di Kabupaten Trenggalek.
Usai upacara bendera, Wakil Bupati Trenggalek H.Moch Nur Arifin menyerahkan piagam penghargaan Sekolah Terbaik Bersih Narkoba BNN 2017.  Sekolah yang mendapatkan penghargaan diantaranya adalah SDN Surodakan 2 Trenggalek,  MTsN Model Trenggalek, SMAN 1 Munjungan.  Sementara itu, untuk lomba berpacu dalam koperasi uji kompetensi tahun 2017 juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Timur diraih oleh Koperasi Siswa Tunas Mekar SMK Negeri 1 Pogalan dan juara 2 tingkat Bakorwil Madiun Koperasi Wanita Kencana Desa Dongko Kecamatan Dongko. (Nur Kasanah)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan