Majalah Jogja
Beranda SCS SMAGA Lumajang Sabet Juara 2 LKTI Tk. Kabupaten

SCS SMAGA Lumajang Sabet Juara 2 LKTI Tk. Kabupaten

Lumajang – majalahglobal.com : Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Lumajang menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Sejarah Perjungan Moc. Sroedji tingkat pelajar SMA dan SMK se-Kabupaten Lumajang, Senin (10/12/2018).
Lomba ini dilaksanakan pukul 08.00 WIB di gedung DHC 45 Jl. Veteran, Kel. Tompokersan, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang.
LKTI ini sendiri mengambil tema “Perjuangan Letkol Moch. Sroedji di Lumajang”
Untuk kriteria penilaian LKTI antara lain, Isi KTI, presentasi, serta kemampuan menanggapi pertanyaan dan masukan dari dewan juri.
SMA Negeri 3 Lumajang (Smaga) yang diwakili Study Club Sejarah (SCS) dapat meraih Juara 2 yang dimenangkan oleh M. Thoriq Mahdavi Arifin dan Juara 4 (Harapan 1) yang dimenangkan oleh Septian Ardiansyah Effendi.
“Kemengan adalah buah dari usaha dari keinginan untuk menjadi yang terbaik. SCS Smaga telah berhasil membuktikan usaha terbaiknya. Jangan cepat puas, masa akan datang harus lebih baik dari sekarang dan harapan saya SCS Smaga selalu tampil yang terbaik, dapat menorehkan prestasi dan mengharumkan nama sekolah.” Ujar Drs. Joni, M.Pd Guru Sejarah Smaga.
Sementara itu M. Thoriq Mahdafi salah satu perwakilan Smaga Lumajang menjelaskan judul yang diangkat dalam lomba KTI ini adalah Kisah Heroik Letkol Moch. Sroedji di Lumajang, karena beliau berjuang juga meliputi wilayah Lumajang dan Jember”.
“Beliau adalah seorang yang setia kepada NKRI, rela berkorban dan juga bertanggung jawab atas tugas yang beliau jalankan untuk melepaskan NKRI dari penjajahan Belanda” terangnya.
Hal senada juga diungkapkan Septian mengenai perjuangan Moch. Sroedji “Saya memilih topik perjuangan Moch. Sroedji karena dalam kisah perjuangan Moch. Sroedji banyak hal yang membuat kita merasa bangga dengan jiwa rela berkorbannya. Moch. Sroedji rela meninggalkan istrinya di Kediri pada waktu itu, sedangkan Moch. Sroedji dengan tanggung jawabnya yang besar sebagai chudanchoo lebih memilih bangsa Indonesia daripada keluarganya sendiri, itulah hal yang patut kita hargai.” Ujarnya.
Harapan selanjutnya yaitu anggota SCS Smaga lainnya juga harus meraih prestasi dan juga dapat membuat SCS Smaga lebih maju dalam hal apapun, bukan hanya LKTI tetapi juga lomba yang lainnya, agar SCS Smaga ini lebih dikenal luas bukan hanya di dalam lingkup sekolah tetapi juga luar sekolah.
“Kami berharap dengan adanya LKTI ini bisa mencetak pelajar dan generasi muda yang produktif dan berkualitas,” Ujar Dian Ariyani Ketua Pelaksana LKTI. (Windy Eka Prasasti).

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan