Majalah Jogja
Beranda
Warning: Undefined array key 0 in /www/wwwroot/majalahjogja.com/wp-content/themes/raylight-redesign-master/inc/single-tags.php on line 294

Warning: Attempt to read property "cat_ID" on null in /www/wwwroot/majalahjogja.com/wp-content/themes/raylight-redesign-master/inc/single-tags.php on line 294
Mahasiswa Antropologi, FIB, Udayana Adakan Pengabdian Masyarakat di Suku Tengger

Mahasiswa Antropologi, FIB, Udayana Adakan Pengabdian Masyarakat di Suku Tengger

Lumajang – majalahglobal.com : Sebanyak 126 mahasiswa dan 9 dosen pendamping Program Studi Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana Bali, melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dan Pelatihan Penelitian di Dusun Krajan Desa Argosari Kec. Senduro kab Lumajang.

Acara tersebut digelar selama seminggu dari tanggal 4 – 9 Pebruari 2019.

Kegiatan penelitian dan pengabdian merupakan kegiatan rutin yag dilakukan oleh Program Studi Antropologi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa baik secara akademis dan non akademis selain sebagai bentuk dari implementasi Tri Dharma perguruan tinggi.

“Pemilihan Desa Argosari karena selama ini masyarakat lebih mengenal etnis Tengger yang berada di Bromo Kabupaten Probolinggo, padahal etnis Tengger juga banyak yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang, salah satunya masyarakat Desa Argosari, Kecamatan Senduro” Ujar Aliffiati ketua panitia sekaligus dosen pendamping.

Masyarakat Tengger Argosari relatif masih mempertahankan budaya tengger dalam keseharian mereka. Selain itu kajian tentang etnis tengger Argosari masih jarang.

“Pada pengabdian kali ini kami mengangkat tema “Menggali kearifan lokal desa argosari menuju sumber daya masyarakat yang berkualitas” Terang Aliffiati.

Haraannya dari hasil temuan data lapangan bisa membantu menambah data PPKD Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Lumajang sesuai dengan amanat UU No 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan.

Sementara itu Kepala Desa Argosari Bapak Ismail mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa dan dosen Program Studi Antropologi Udayana yang telah datang ke Desa Argosari dan mau belajar tentang kebudayaan yang ada di masyarakat Tengger Argosari serta mau berbagi ilmu dengan masyarakat kami. (Yopi)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan