Majalah Jogja
Beranda Thoriqul Haq : Satgas Keamanan Desa Harus Mendapatkan Pelatihan Bela Diri

Thoriqul Haq : Satgas Keamanan Desa Harus Mendapatkan Pelatihan Bela Diri

LUMAJANG – majalahglobal.com : Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) bersama Komandan Kodim 0821 Lumajang, beserta Kapolres Lumajang melaksanakan kegiatan Ngetril dan Patroli Gabungan Tiga Pilar di Wilayah Kabupaten Lumajang, Kamis (21/2/2019) malam. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangka meningkatkan keamanan dan menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Lumajang.

Cak Thoriq berharap dengan dibentuknya satgas keamanan desa dapat menciptakan dan meningkatkan keamanan desa. Untuk itu, Bupati berkeinginan agar Koramil maupun Polsek di daerahnya masing-masing mampu memberikan bekal bela diri kepada Satgas Keamanan Desa.

“Saya ingin Danramil maupun Kapolsek dapat memberikan bela diri kepada para anggota Satgas Keamanan Desa,” harapnya.

Lebih lanjut, Cak Thoriq berharap agar kemampuan intelijen keamanan baik yang dimiliki Kodim 0821, Polres Lumajang maupun Satgas Keamanan Desa dapat mendeteksi potensi rawan keamanan di Lumajang.

“Kami ingin bekerja keras untuk selalu bersama-sama dalam meningkatkan keamanan dan membangun Kabupaten Lumajang. Jalan-jalan yang dilewati oleh begal maupun pencurian sapi harus diidentifikasi,” tambahnya.

Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Ahmad Fauzi berpesan kepada satgas keamanan desa agar dapat mengikuti aturan yang sudah ada, khususnya terkait dengan bunyi kentongan. Kekompakan masyarakat diharapkan dapat terjaga dengan baik, karena dengan kuatnya kekompakan masyarakat, maka para pelaku akan berfikir dua kali apabila ingin melakukan tindak kejahatan.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP. Muhammad Arsal Syahban menjelaskan bahwa tujuan dari satgas keamanan desa adalah untuk membantu Kepala Desa dalam menjaga keamanan desa. Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat tetap melaksanakan siskamling dengan sistem dan budaya kerja yang baik. Untuk itu, Satgas Keamanan Desa harus ditampilkan di dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

“Kapolsek dan Danramil harus mengajak Satgas serta menyalurkan ilmunya dalam menciptakan keamanan di Desanya,” ujarnya. (Dandy)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan