Majalah Jogja
Beranda
Warning: Undefined array key 0 in /www/wwwroot/majalahjogja.com/wp-content/themes/raylight-redesign-master/inc/single-tags.php on line 294

Warning: Attempt to read property "cat_ID" on null in /www/wwwroot/majalahjogja.com/wp-content/themes/raylight-redesign-master/inc/single-tags.php on line 294
Ayo Nguri-Uri Budaya Mojopahit di Mojotirto Festival 2019

Ayo Nguri-Uri Budaya Mojopahit di Mojotirto Festival 2019

Mojokerto – majalahglobal.com : Sebagai bentuk rasa sukur atas melimpahnya air di Kota Mojokerto serta untuk memperingati hari air sedunia, Pemerintah Kota Mojokerto akan menggelar Mojotirto Festival 2019. Festival digelar Jumat (22/3) siang dan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. Acara akan berlangsung selama dua hari di sepanjang Jembatan Rejoto, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Mojokerto, Choirul Anwar menyampaikan rangkaian bahwa Mojotirto Festival diawali dengan acara Prokasih (Program Kali Bersih) serentak dan sebagai puncaknya adalah kenduri banyu yang disemarakkan dengan kirab mojopahit, tari bedoyo air serta tabur benih ikan.

“Dalam Mojotirto Festival akan diadakan berbagai lomba seperti adalah lomba dayung perahu karet, lomba fotografi, english vlog competition, lomba permainan tradisional dan untuk anak-anak akan ada lomba mewarnai, lomba bercerita, lomba baca puisi yang akan digelar di Hutan Kota Mojokerto,” jelas Anwar.

Lebih lanjut Anwar menambahkan bahwa melalui Mojotirto Festival 2019 Pemerintah Kota Mojokerto berusaha untuk melestarikan budaya lokal terutama yang bisa mendukung menguatnya spirit of mojopahit di kalangan warga Kota Mojokerto. “Untuk itu dalam Mojotirto Festival akan ada berbagai pertunjukan tari-tarian kolosal oleh seribu penari dari para pelajar yang ada di Kota Mojokerto,” serunya.

Disamping tarian kolosal juga ada penampilan kesenian jaranan dan reog, permainan tradisional, juga ada pasar tradional yang menjual jajanan khas tempo dulu. Seperti tiwul, jajanan pasar, serta oleh-oleh khas Mojokerto yaitu onde-onde.

“Segenap panitia dan semua yang terlibat dalam pembukaan Mojotirto Festival 2019 telah melakukan gladi bersih Rabu (20/3) kemarin. Semoga acara yang akan berlangsung selama dua hari ke depan dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” harap Anwar.

Menyampaiakan pesan dari Ning Ita, Anwar mengatakan bahwa semoga Mojotirto Festival bisa dinikmati oleh seluruh warga Kota Mojokerto dan sekitarnya serta memberi manfaat bagi semuanya. “Semoga Mojotirto Festival 2019 menjadi awal untuk potensi wisata di Kota Mojokerto dan mendongkrak kesejahteraan warga,” kata Anwar menyampaikan harapan Ning Ita. (Jayak)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan