Majalah Jogja
Beranda Kode Etik

Kode Etik

1. Integritas: Kami berkomitmen untuk bertindak dengan integritas tertinggi dalam setiap aspek pekerjaan jurnalisme kami. Kami akan menghindari konflik kepentingan dan memastikan bahwa setiap tindakan yang kami ambil mencerminkan nilai-nilai etika yang tinggi.

2. Kemandirian: Kami akan menjaga kemandirian redaksi kami dari tekanan eksternal, baik politik, komersial, maupun pribadi. Kami akan menolak intervensi yang dapat mengganggu independensi kami dalam menyajikan informasi kepada pembaca.

3. Kebebasan Berekspresi: Kami mendukung kebebasan berekspresi sebagai hak yang fundamental dalam masyarakat. Namun, kami akan memastikan bahwa setiap konten yang kami publikasikan tidak menyinggung hak atau martabat individu atau kelompok tertentu.

4. Keadilan dan Keseimbangan: Kami akan berusaha untuk menyajikan berita dan opini dengan keseimbangan dan keadilan, serta memperhatikan sudut pandang yang beragam. Kami tidak akan memihak atau memberikan perlakuan tidak adil terhadap pihak manapun.

5. Ketepatan dan Kewajaran: Kami akan berupaya untuk menyajikan informasi yang akurat, lengkap, dan relevan kepada pembaca kami. Kami akan memastikan bahwa setiap informasi yang kami publikasikan telah melalui verifikasi yang cermat dan memenuhi standar jurnalisme yang berlaku.

6. Kehormatan dan Martabat: Kami akan menghormati martabat individu dan kelompok, serta menghindari diskriminasi, stereotip, atau penghinaan dalam setiap konten yang kami publikasikan. Kami akan menempatkan keadilan dan persamaan hak sebagai prinsip utama dalam menjalankan tugas jurnalisme kami.

7. Privasi dan Kepentingan Pribadi: Kami akan menghormati privasi individu dan menghindari pelanggaran privasi tanpa izin yang sah. Kami akan menempatkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi dalam setiap liputan atau investigasi yang kami lakukan.

8. Akuntabilitas: Kami akan menerima tanggung jawab atas setiap kesalahan atau kelalaian yang terjadi dalam konten yang kami publikasikan. Kami akan bersedia untuk melakukan koreksi atau klarifikasi jika diperlukan, serta menjaga transparansi dalam proses tersebut.

9. Profesionalisme: Kami akan menjaga standar profesionalisme tertinggi dalam setiap interaksi dengan sumber, pembaca, dan rekan kerja. Kami akan mematuhi prinsip-prinsip etika jurnalisme serta memperlakukan semua pihak dengan hormat dan kesopanan.

10. Peningkatan Diri: Kami akan terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kami dalam bidang jurnalisme, serta membuka diri terhadap pembelajaran dan umpan balik yang konstruktif. Kami akan mengikuti perkembangan teknologi dan praktik terbaik dalam media siber untuk memastikan bahwa kami tetap relevan dan efektif dalam menyajikan informasi kepada pembaca.

Dengan mematuhi kode etik ini, kami berharap dapat memelihara integritas dan kredibilitas majalahjogja.com sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya bagi masyarakat.

Tim Redaksi majalahjogja.com

Iklan